LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI KANTOR POS KALINYAMATAN
Disusun
Oleh:
SMK TERPADU HADZIQIYYAH
PROGRAM KEAHLIAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN
PERIODE 2012-2013
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Kantor Pos
Kalinyamatan dasahkan pada :
Hari :
.......................................
Tanggal :
.......................................
Jepara,
Disahkan
Oleh :
Pembimbing
Prakerin,
Fais
Hakim, S.Psi
Koordinator
Prakerin,
Fais
Hakim, S.Psi
Mengetahui;
Kepala
SMK Terpadu Hadziqiyyah,
Arif
Jauhari, S.Ag, M.Pd.
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah
melimpahkan Rahmat, Karunia, dan Hidayah-Nya, sehingga penulis dapat
melaksanakan Prakerin dengan baik dan Iancar. Dalam pelaksanaan Prakerin pada
periode I yang di mulai pada tanggal 20 Desember 2011 sampai 02 Februari 2012
dan periode Il pada tanggal 18 Juni 2012 sampai 27 Juli 2012 dengan baik tanpa
ada hambatan yang berarti. Penulis membuat laporan ini sebagai hasil dari
kegiatan Prakerin yang meliputi, menangani surat masuk dan keluar, rnengoperasikan
komputer dan peralatan kantor, mengarsip dokumen, melayani masyarakat dalam
pembuatan KK dan KTP, membuat agenda, legalisasi dokumen, dan Iain-Iain.
Penyusunan laporan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak,
oleh karena itu penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.
Syukur
kepada Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat-Nya kepada kami, sehingga
laporan ini terselesaikan tanpa halangan yang berarti;
2.
KH.
Hayatun Abdullah Hadziq selaku Ketua Yayasan Terpadu Hadziqiyyah;
3.
Arif
Jauhari, S.Ag, M.Pd. selaku Kepala SMK Terpadu Hadziqiyyah;
4.
Lina
Rifda Naufalin, M.Pd. selaku pembirnbing Praktek lndustri (Prakerin);
5.
Suhendro,
S.H, M.H. selaku Kepala Kantor Kecamatan Kalinyamatan;
6.
Adenan,
S.Pd. selaku Kepala UPTD Dikpora Kalinyamatan;
7.
Semua
pihak yang telah membantu selama pelaksanaan prakerin dan bisa terselesaikannya
laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan prakerin ini rnasih terdapat banyak
kekurangannya. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun akan penulis
terima dengan senang hati, guna menyempurnakan penyusunan Laporan Prakerin.
Penulis berharap agar Laporan Prakerin ini bermanfaat bagi Semua.
Jepara, 13 Oktober 2012
Riyatu Tafrikhah
NIS. 1011220
DAFTAR
ISI
HALAMAN PENGESAHAN
i
KATA PENGANTAR
ii
DAFTAR ISI
iii
BAB I PENDAHULUAN
1
A.
Latar
Belakang
1
B.
Tujuan
dan Manfaat
1
BAB II ISI 2
A.
Pelaksanaan
Kegiatan
2
B.
Hasil
Kegiatan 3
C.
Ulasan
Hasil Kegiatan
5
BAB III PENUTUP
7
A.
Kesimpulan
7
B.
Saran
8
C.
Daftar
Pustaka
9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sekolah Menengah
Kejuruan merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang
menyelenggarakan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah yang memepersiapkan
peserta di didik terutama untuk siap bekerja dalam bidang tertentu. Saat ini
perkembangan pendidikan kejuruan telah mengalami kemajuan. Sehingga masyarakat
tidak lagi memandang sebelah mata terhadap keberadaan pendidikan kejuruan,
terutama dalam kondisi sekarang ini yang terjadinya krisis global. Selain itu,
pendidikan kejuruan juga menerapkan sistem ganda yaitu teori kejuruan dan
praktek. Sehingga peserta didik dapat memperoleh pengetahuan, wawasan, dan pengalaman
dari dunia kerja.
Oleh karena
itu, dengan dilaksanakannya Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini, kita
diharapkan dapat memiliki bekal dan pengalaman dalam dunia kerja terutama dunia
ketatausahaan. Kita juga bisa mempraktekkan ilmu yang kita peroleh selama di bangku
SMK.
B.
Tujuan dan Manfaat
Dengan
dilaksanakannya Prakerin ini, kita dapat memperoleh tujuan dan manfaat Sebagai
berikut diantaranya:
1.
Kita
dapat memperoleh pengalaman kerja;
2.
Kita
dapat mengetahui sistem kerja kantor;
3.
Kita
dapat mengetahui bagaimana mengatur manajemen yang baik dalam kantor;
4.
Kita
dapat memahami dan mengetahui kondisi kerja di kantor;
5.
Menigkatkan
pengetahuan dan wawasan dalam dunia kerja, terutama di kantor;
6.
Kita
dapat mengetahui banyak hal mengenai ketatausahaan;
7.
Kita
dapat mempraktekkan ilmu yang kita peroleh selama di sekolah;
8.
Sebagai
promosi tamatan SMK;
9.
Mempererat
hubungan antara sekolah dan Instansi/Kantor.
BAB
II
ISI
A.
Pelaksanaan Kegiatan
Dalam
melaksanakan Prakerin yang dilakukan melalui dua periode. Prakerin pada periode
I di Kantor Kecamatan Kalinyamatan yaitu pada tanggal 20 Desember 2011 sampai
02 Februari 2012 dan prakerin pada periode II di UPTD Dikpora kalinyamatan yaitu
pada tanggal 18 Juni sampai 27 Juli 2012.
Pada periode I,
siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditempatkan pada instansi yang
berbeda-beda.
Adapun hal yang
dilakukan setalah penerjunan adalah :
1.
Siswa
datang Iangsung ke Instansi dengan membawa Surat Pengantar sebagai tanda terima
dari pihak sekolah dengan pihak perusahaan dan diberikan Kepada Kepala
Instansi;
2.
Setelah
Kepala Instansi menerima Surat Pengantar dari Sekolah, para siswa melakukan
bimbingan breafing dan Kepala Instansi menjelaskan tentang peraturan dan tata
tertib yang berlaku di Instansi tersebut;
3.
Para
siswa memperkenalkan diri kepada kepala dan pegawai kantor;
4.
Siswa
diajak jalan -jalan mengeliiingi Instansi dan diberitahukan bagian-bagian Instansi;
5.
Selanjutnya
siswa ditempatkan pada posisi yang telah ditentukan;
6.
Kemudian,
para siswa diperkenankan untuk mempelajari dan mengingat cara pengurusan surat
masuk dan Surat keluar dan cara pengoperasaian alat-alat kantor yang baik dan
benar.
Pada saat itu
juga para siswa ditempatkan pada tempat yang telah ditentukan oleh pembimbing
DU/DI. Dalam melaksanakan Prakerin ini, awalnya kami dibantu dan diberi arahan
oleh staf/pegawai kantor mengenai peraturan yang harus dipatuhi dan tata cara
kerja yang baik di kantor. Pada minggu selanjutnya kami di persilakan untuk
menjalankan tugas masing-masing dengan dibimbing dan diawasi oleh pegawai
kantor. Banyak hal yang kami lakukan mulai dari menangani surat masuk dan
keluar, mengagenda surat, mengarsip dokumen, melayani masyarakat dalam
pembuatan KK dan KTP, legalisasi dokumen, mengoperasikan komputer, dan
lain-lain. Jika ada kesulitandan hal yang kurang kami pahami, kami dapat
bertanya kepada pembimbing kantor. Setiap hari banyak jadwal yang menghadang di
depan, namun hal itu kami jalani Sebagai sebuah tantangan, ilmu, dan pengalaman
baru bagi kami. Oleh karena itu, di perlukan ketelitian, ketekunan, keuletan,
dan kejelian dalam pekerjaan yang kami Iakukan agar memperoleh hasil yang
maksimal.
Prakerin
periode ll, tepatnya di kantor UPTD Dikpora Kalinyamatan yang kami Iakukan
setelah penerjunan sebagai berikut:
1.
Siswa
datang Iangsung ke Instansi guna membawa Surat Pengantar Sebagai tanda serah
terima dari pihak sekolah dengan pihak instansi dan diberikan Kepada Kepala
lnatansi;
2.
Setelah
Kepala Instansi menerima Surat Pengantar dari Sekolah, para siswa melakukan
bimbingan breafing dan Kepala Instansi menjelaskan mengenmai peraturan yang
berlaku di Instansi tertsebut;
3.
Para
siswa memperkenalkan diri kepada kepala dan pegawai kantor/instansi;
4.
Siswa
diajakjalan-jalan mengelilingi Instansi dan diberitahukan bagian-bagian Instansi;
5.
Para
siswa ditempatkan sesuai posisi yang telah ditentukan;
6.
Kemudian
para siswa, di Instansi disurvey oleh guru koordinator prakerin dan guru
pembimbing Iapangan;
7.
Mulai
saat itu hingga seterusnya para siswa belajar mengolah surat dan dokumen,
mengoperasikan komputer serta peralatan kantor.
Pada
pelaksanaan prakerin periode Il, kami tidak banyak kesulitan dalam beradaptasi,
karena pada prakerin sebelumnya (periode I) kegiatan yang kami Iakukan pun
tidak jauh berbeda, yang membedakan hanyalah lokasi, tempat dan cara
kinerjanya. Pada periode II ini pelayanan hanya di tujukan pada guru-guru saja
seperti, guru TK, Ml, dan SD.
Dengan
dilaksanakan prakerin tahap I dan II diharap para siswa memiliki pengalaman
baru mengenai dunia tata usaha sehingga sudah siap untuk terjun ke dunia
perkantoran sesuai pengalaman yang pernah diperoleh selama Prakerin.
B.
Hasil Kegiatan
Banyak hal yang
diperoleh selama pelaksanaan prakerin. Selain pengalaman dan kenangan yang tak
terlupakan, Kami juga dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di bangku
SMK. Kami disini juga diajari bagaimana mengatur managemen kerja yang baik,
bagaimana cara mengarsip surat, membuat rekap dengan baik dan benar, bagaimana
cara memasukkan data ke komputer, mengangkat telepon dengan benar, membuat
surat, melayani masyarakat dengan baik, mengoperasikan peralatan kantor dan
menjalin hubungan baik dengan pegawai kantor.
Selain itu,
para staf Instansi juga memiliki sikap yang terbuka dan mau berbagi pengalaman,
saran dan dengan sabarnya membimbing kami yang tergolong masih pemula.
Dalam Prakerin
II, tentunya kami menemukan yang namanya hambatan, narnun dibalik Semua itu
kami mendapatkan begitu banyak keuntungan atau kelebihan dari Prakerin ini.
Adapun hambatan
dan rintangan yang kami hadapi selama Prakerin berlangsung adalahz
1.
Cukup
kesulitan beradaptasi dengan Iingkungan baru saat melakukan awal Prakerin;
2.
Kesulitan
berkomunikasi ketika masih pertama kali terjun dalam DU/DI;
3.
Keterbatasan
pengetahuan kami untuk menghadapi hal-hal baru yang terjadi di kantor;
4.
Cukup
kesulitan dalam mengoperasikan alat-alat kantor karena keterbatasan kami Iebih
banyak teori dari pada praktek;
5.
Guru
pembimbing jarang memantau siswa setiap pagi sebelum berangkat ke tempat
Prakerin, akibatnya ada beberapa siswa yang terkena sangsi tanpa sepengetahuan
guru.
Selain itu
dengan diadakannya Prakerin juga mempunyai keuntungan dan kelebihan diantaranya
sebagai berikut:
1.
Kami
memperoleh pengalaman serta pengetahuan tentang dunia Perkantoran;
2.
Kami
dapat mengetahui bagaimana cara mengelola instansi/kantor dengan baik dan
tertib;
3.
Kami
bisa menghilangkan kejenuhan (refreshing);
4.
Kami
dapat mempraktekkan semua yang yang diperoleh selama Prakerin berlangsung di masyarakat
kalau sudah keluar nanti;
5.
Seiain
itu, kami dapat menjalin kerjasama dengan orang Iain.
Penarikan
dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2012 untuk Prakerin pada periode I, dan
pada tanggal 27 Juli 2012 untuk Prakerin pada periode II yang dilakukan oleh
guru pembimbing.
C.
Ulasan Hasil Kegiatan.
Dalam
pelaksanaan Prakerin baik dalam tahap pertama maupun tahap kedua memiliki
tujuan yang sama yaitu peserta didik diajarkan untuk memiliki rasa
tanggungjawab terhadap tugas yang diembannya dan dapat menerapkan hidup sesuai
dengan prinsip managemen serta sesuai dengan jurusan yang diambil yaitu
Administrasi Perkantoran. Di samping itu, peserta didik dapat mengambii hikmah
dari Semua kegiatan pada saat Prakerin.
Dengan
diadakannya Prakerin ini, Peserta didik akan memperoleh pengalaman yang lebih
banyak mengenai managemen dan ketatausahaan dalam sebuah instansi/kantor.
Selain itu, sisviia juga dapat menjalin kerjasama yang baik dengan rekan kerja
maupun dengan masyarakat.
Untuk dapat
sampai ke tempat Prakerin, para siswa dikumpuikan terlebih dahulu di Lapangan SMK
Terpadu Hadziqiyyah. Sebelum diberangkatkan kami diwajibkan untuk mengisi
daftar hadir siswa terlebih dahulu guna mengantisipasi siswa yang bolos.
Sekitar pukul
06.30 WIB, kami diberangkatkan dengan menggunakan mobil angkutan pedesaan yang
telah disiapkan oleh pihak sekolah. Setelah sampai ditempat Prakerin kurang
Iebih pukul 07.10 WIB, kami mengikuti kegiatan Apel pagi terlebih dahulu
sebelum melakukan tugas kantor.
Sekitar pukul
12.00 WIB, kami dipersilakan untuk istirahat dan tidak lupa kami diajak staf
kantor untuk makan siang dan sholat bergantian maupun berjamaah. Setelah
istirahat kami dipersilakan untuk masuk kantor kembali dan melanjutkan kegiatan
Prakerin kembali.
Setelah
melakukan Prakerin, Sekitar pukul 14.45 WIB kami dijemput mobil angkutan
pedesaan yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Sebelum pulang kami
berpamitan terlebih dahulu kepada staf kantor, begitulah keseharian yang kami
Iakukan dalam pelaksanaan Prakerin.
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Setelah
melaksanakan Prakerin di Kantor Kecamatan Kalinyamatan dan Kantor UPTD Dikpora
Kalinyamatan yang kurang lebih satu setengah bulan setiap periodenya dapat
disimpulkan Sebagai berikut:
1.
Kegiatan
Prakerin ini membuat kita untuk berlatih disiplin, tertib, bertanggungjawab dan
berlatih untuk bekerja;
2.
Kegiatan
Prakerin ini sangat diperlukan untuk menambah wawasan serta pengalaman dari
dunia kerja;
3.
Keteiitian
dan ketepatan sangatlah penting dalam menjalankan segala kegiatan yang kita
Iakukan;
4.
Memberikan
pengalaman dan kesempatan untuk belajar secara Iangsung mengenai kegiatan tata
usaha di suatu kantor.
B.
Saran
Adapun kritik
dan Saran dari peserta Prakerin adalah sebagai berikut:
1.
Pihak
sekolah
a.
Guru
pembimbing Prakerin hendaknya sering memantau peserta Prakerin;
b.
Pihak
sekolah hendaknya mengatur sistem antar jemput dengan sebaik-baiknya;
c.
Pihak
sekolah perlu mengadakan. persiapan yang matang sebelum mengadakan
d.
Prakerin;
e.
Pihak
sekolah seharusnya menambah peralatan yang diperlukan dalam Administrasi
Perkantoran ini karena sebagai bekal kami dalam Prakerin;
f.
Pihak
sekolah seharusnya memberi sangsi yang tegas bagi siswa yang melanggar peraturan
dan yang tidak sampai keternpat Praktek (bolos).
2.
Pihak
Perusahaan
a.
Para
pembimbing hendaknya lebih sabar dalam mengajarkan ilmunya kepada peserta
Prakerin;
b.
Pihak
perusahaan harus memahami semua kekurangan kami jika ada suatu kesalahan yang
kami Iakukan dan bisa memaafkan karena kami hanyalah manusia biasa yang tidak
pernah luput dari kesalahan.
No comments:
Post a Comment