LAPORAN
PRAKTEK INDUSTRI
DI PERUSAHAAN ASGROSS TARISSA
Disusun oleh :
Nama : AHMAD
KHOIRUL BADAR
NIS : 0708007
Kelas : XII
Pemasaran
No. Absen : 07
SMK TERPADU
HADZIQIYYAH
PROGRAM KEAHLIAN
MARKETING (PEMASARAN)
2009
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan hasil Praktek Industri
(PI) di Perusahaan AsGross Tarissa disahkan pada :
Hari : Senin
Tanggal : 17
Agustus 2009
Jepara, 17 Agustus 2009
Disahkan oleh :
Pembimbing Lapangan, Kepala SMK Terpadu Hadziqiyyah
Megajanti,
S.E. Arif
Jauhari, M.Pd.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat
melaksanakan Praktek Industri (PI) di perusahaan AsGross Tarissa dengan lancar.
Laporan Praktek Industri (PI) ini merupakan bukti hasil kegiatan Praktek
Industri (PI) telah kami melaksanakan selama lebih kurang tiga bulan, yang
dilaksanakan periode I pada tanggal 1 April 2009 – 16 Mei 2009, dan periode II
pada tanggal 22 Juni 2009 – 31 Juli 2009.
Penyusunan laporan ini tidak
lepas dari bantuan berbagai pihak, karena itu tak lupa pula kami sampaikan
terima kasih kepada :
1.
Arif Jauhari, M.Pd., selaku kepala
SMK Terpadu Hadziqiyyah;
2.
Qomaruddin, S.Pd.I., selaku
koordinator Praktek Industri (PI) SMK Terpadu Hadziqiyyah;
3.
Megajanti, S.E., selaku pembimbing
Praktek Industri (PI) SMK Terpadu Hadziqiyyah;
4.
Andi Himawan, selaku manager
perusahaan AsGross Tarissa;
5.
Mus Isriyah, S.E., selaku wali
kelas kami yang tak henti-hentinya membimbing dan menasehati kami; dan
6.
Semua pihak yang telah membantu
selama pelaksanaan Praktek Industri (PI) dan terselesainya Laporan PI ini.
Saya menyadari masih ada
kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan Laporan Praktek Industri (PI) ini. Oleh
karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif, demi
kesempurnaan penyusunan Laporan Praktek Industri. Besar harapan saya, Laporan
Praktek Industri (PI) ini bermanfaat bagi semua.
Jepara, 17 Agustus 2009
Ahmad
Khoirul Badar
NIS.
0708007
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ..................................................................................................... i
Halaman Pengesahan
............................................................................................ ii
Halaman Kata Pengantar .................................................................................... iii
Daftar Isi .............................................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ............................................................................... 1
B.
Tujuan dan Manfaat ........................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pelaksanaan Kegiatan ................................................................... 3
B.
Hasil Kegiatan ................................................................................ 4
C.
Ulasan Hasil Kegiatan ................................................................... 6
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................... 8
B.
Saran-saran .................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dunia usaha adalah dunia yang
penuh dengan persaingan, tantangan dan segala bentuk hambatan. Jika kita tidak
berhati-hati dan teliti serta cermat dalam melakukan perhitungan dan
perencanaan dalam menjalankan bisnis, sudahlah jelas kerugian dan kegagalan bahkan
kebangkrutan menghadang didepan kita. Selain sekarang ini persaingan didalam
dunia usaha begitu ketat. Kata “Gulung tikar” adalah momok bagi setiap
perusahaan, melenceng sedikit saja habislah semua usaha yang telah kita rintis
dalam mendirikan usaha.
Dengan dilaksanakannya Praktek
Industri ini, diharapkan agar siswa dapat mengetahui mengenai hal-hal yang
dapat memjukan perusahaan dan kemunduran suatu perusahaan sebagai bekal yang
cukup dan memadahi ketika kita hendak memulai suatu usaha, serta cara melaksanakan
kegiatan usaha secara baik dan menghadapi persaingan secara sportif.
Dengan kata lain, selain siswa
memperoleh ilmu dalam dunia usaha, siswa juga bisa memperoleh pengalaman dan
juga bisa mempraktekkan ilmu yang pernah siswa peroleh selam dibangku SMK.
Sehingga siswa tidak hanya mendapatkan teori saja, tetapi siswa juga
mendapatkan praktek dilapangan yang sebenarnya yang tidak ada didalam teori.
B.
Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dan manfaat yang
dapat kita peroleh dari Praktek Industri (PI) ini adalah :
1.
Kita dapat memperoleh pengalaman
kerja;
2.
Kita dapat mempraktekkan ilmu yang
telah diperoleh selama disekolah;
3.
Kita dapat mengetahui bagaimana
mengatur management yang baik;
4.
Kita dapat mengetahui bagaimana
cara melihat peluang pasar yang ada;
5.
Kita dapat mengetahui bagaimana
cara mempromosikan barang agar menarik konsumen;
6.
Kita dapat mengetahui dan
mempraktekkan pola pemasaran dan penjualan yang tepat;
7.
Kita dapat mengetahui bagaiman
pelayanan yang baik dan benar (sevice excellent);
8.
Kita dapat mengatur pengeluaran
dan pemasukan yang seimbang agar tidak mengalami kerugian; dan
9.
Kita dapat mengetahui jalur
penjualan mulai dari barang masuk sampai barang keluar.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pelaksanaan Kegiatan
Dalam melaksanakan Praktek
Industri (PI) dilakukan dua tahap. Tahap yang pertama dimulai pada tanggal 1
April 2009 sampai 16 Mei 2009 pukul 08.00 WIB. Sedangkan, Praktek Industri (PI)
tahap kedua dimulai pada tanggal 22 Juni 2009 sampai 31 Juli 2009 pada pukul
08.00 WIB.
Pada tahap pertama, siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok dan
ditempatkan diperusahaan yang berbeda-beda.
Adapun hal yang dilakukan setelah
penerjunan adalah :
1.
Siswa datang langsung ke
perusahaan dengan membawa surat pengantar sebagai tanda serah terima dari pihak
sekolah dengan pihak perusahaan yang diwakili/diberikan kepada manager
perusahaan;
2.
Setelah manager menerima surat
pengantar dari sekolah, para siswa melakukan bimbingan breeving dan manager
perusahaan menjelaskan mengenai peraturan yang berlaku diperusahaan;
3.
Siswa diajak jalan-jalan
mengelilingi parusahaan dan diberitahukan bagian-bagian perusahaan;
4.
Langkah selanjutnya, para siswa
dibagi menjadi beberapa kolompok dan setiap kelompok ditempatkan dibagian yang
berbeda-beda;
5.
Setelah itu, para siswa
diperkenalkan mengenai tugas dan kewajibannya dibagiannya oleh staf/pembimbing
dari instansi tersebut;
6.
Kemudian, kepala sekolah beserta
guru koordinator Praktek Industri (PI) dan
guru pembimbing lapangan melakukan survey ke perusahaan.
Dalam melaksanakan Praktek
Industri (PI) awalnya kami dibantu oleh staf perusahaan, mengenai bagaimana
melayani konsumen, merapikan dan mendisplay produk, melakukan transaksi
penjualan, dan lain-lain. Pada minggu berikutnya kami dipersilahkan untuk dapat
menjalankan tugas masing-masing dengan diawasi dan dibimbing oleh para staf
perusahaan. Banyak hal yang kami lakukan mulai dari mendisplay produk, melayani
pembeli, membuat nota penjualan, dan mengoperasikan alat transaksi. Jika ada
suatu hal yang kurang kami pahami, kami dapat bertanya dengan pembimbing staf.
Setiap hari banyak sekali jadwal yang menghadang di depan, perlu ketelitian dan
ketekunan untuk dapat bekerja dengan baik.
Tahap kedua dimulai pada 22 Juni
2009 sampai 31 Juli 2009. Pada tahap ini siswa dibagi kembali menjadi beberapa
kelompok dan ditempatkan diperusahaan
yang berbeda kembali.
Adapun hal yang dilakukan setelah
penerjunan adalah :
1.
Siswa datang langsung ke perusahaan
dengan membawa surat pengantar sebagai tanda serah terima dari pihak sekolah
dengan pihak perusahaan yang diwakili/diberikan kepada manager perusahaan;
2.
Setelah manager menerima surat
pengantar dari sekolah, para siswa melakukan bimbingan breeving dan
manager perusahaan menjelaskan mengenai peraturan yang berlaku diperusahaan;
3.
Siswa diajak jalan-jalan
mengelilingi parusahaan dan diberitahukan bagian-bagian perusahaan;
4.
Para siswa langsung ditempatkan
sesuai posisi yang telah ditentukan; dan
5.
Kemudian, para siswa diperkenankan
untuk mempelajari dan mengingat mengenai tempat dan cara pendisplayan dan juga
mengenai cara melayani pembeli dengan baik dan benar.
Dengan dilaksanakannya Praktek
Indutri (PI) kedua diharapkan para siswa memiliki pengalaman baru dan lebih
banyak pengalaman mengenai dunia usaha sehingga sudah siap untuk terjun dan
bersaing dalam dunia usaha sesuai pengalaman yang pernah diperoleh.
B.
Hasil Kegiatan
Banyak manfaat yang dapat
diperoleh selama melaksanakan Praktek Industri (PI). Selain pengalaman yang
sangat tak terlupakan, kami juga dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di
bangku SMK. Kami diajari bagaimana mengatur management kerja yang baik dan
sehat, mengatur modal agar memperoleh keuntungan yang maksimal, mengenal
arsip-arsip/dokumen-dokumen perusahaan, melakukan transaksi penjualan,
mengoperasikan peralatan transaksi, dan menjalin hubungan yang baik dengan
konsumen.
Selain itu, para staf perusahaan
juga memiliki sikap yang terbuka dan mau berbagi pengalaman, saran, dan tak
segan-segan membimbing kami yang masih muda.
Dalam melaksanakan Praktek
Industri (PI) dilapangan terkadang kami mengalami suatu hal yang namanya
hambatan atau tantangan, selain itu kami juga memperoleh yang namanya keuntungan
dan kelebihan dari Praktek Industri (PI) tersebut :
Adapun hambatan atau tantangan
yang kami alami selama proses Praktek Industri (PI) berlangsung adalah sebagai
berikut :
1.
Kesulitan dalam mengoperasikan
alat-alat transaksi yang notabenenya jarang kami pergunakan, karena kami lebih
banyak mempelajari teori ketimbang praktek;
2.
Keterbatasan pengalaman peserta
praktek dalam menyusun laporan anggaran atau pambukuan administrasi; dan
3.
Kesulitan komunikasi antara
peserta praktek dengan guru pembimbing lapangan karena jarang memantau ketempat
praktek.
Sedangkan keuntungan atau
kelebihan dilaksanakannya Praktek Industri (PI) adalah sebagai berikut :
1.
Kita memiliki pengalaman baru
dalam dunia usaha;
2.
Kita dapat mempraktekkan secara
langsung ilmu yang diperoleh di bangku sekolah;
3.
Kita dapat mengetahui bagaimana
cara melihat peluang pasar yang ada;
4.
Kita dapat mengetahui bagaimana
cara mempromosikan barang agar menarik konsumen;
5.
Kita dapat melakukan SO (Stock
Opname);
6.
Kita dapat mengetahui dan
mempraktekkan pola pemasaran dan penjualan yang tepat;
7.
Kita dapat mengetahui bagaiman
pelayanan yang baik dan benar (sevice excellent);
8.
Kitaa dapat mengetahui jalur
penjualan mulai dari barang masuk sampai barang keluar;
9.
Kita dilatih untuk dapat menjalin
kerja sama yang baik dengan mitra kerja; dan
10. Jika kita ingin mendirikan suatu usaha sudah memiliki cukup
pengalaman dalam memanage keuangan dan mengelola usaha.
Penarikan dilaksanakan pada
tanggal 31 Juli 2009 yang didampingi oleh guru pembimbing lapangan.
C.
Ulasan Hasil Kegiatan
Pada dasarnya, dalam pelaksanaan
Praktek Industri (PI) baik Praktek Industri (PI) I maupun Praktek Industri (PI)
II memiliki tujuan yang sama, yakni para siswa dituntut untuk mempelajari
pengalaman baru dan tidak berlandaskan teori saja, namun para siswa dituntut
untuk dapat menyesuaikan dengan keadaan sebenarnya dilapangan. Selain itu, para
siswa juga diajarkan untuk dapat memiliki asa tanggung jawab terhadap suatu kewajiban
yang dipegangnya, dan dapat mengatur kegiatan perusahaan yang seimbang agar
tidak mengalami kegagalan atau kesalahan.
Untuk dapat ketempat praktek para
siswa disuruh untuk berkumpul didepan lapangan SMK Terpadu Hadziqiyyah, sebelum
diberangkatkan terlebih dahulu siswa diabsen. Tujuannya adalah untuk mengecek
kehadiran siswa jangan sampai ada siswa yang membolos. Jika hal ini terjadi
maka akan mempengaruhi nilai yang diberikan baik dari pihak sekolah maupun dari
pihak perusahaan. Para siswa diantar angkudes yang telah disiapkan oleh pihak
sekolah untuk dapat sampai ketempat tujuan praktek.
Sampai ditempat praktek sekitar
pukul 08.00 WIB, sesampai disana terlebih dahulu kami melakukan breeving dan
mengisi daftar hadir. Jika ada siswa yang yang tidak hadir tanpa alasan yang
jelas, siswa yang bersangkutan akan dikenai sanksi. Selesai breeving dan
mengisi daftar hadir siswa langsung menuju bagian tempat kerja masing-masing
dan menjalankan tugas dan kewajibannya masing-masing.
Kegiatan yang dilakukan setiap kelompok
berbeda tergantung tugas tempat perusahaan kelompok tersebut berada. Hal ini
disesuaikan dengan program keahlian yang dimiliki. Dengan demikian, setiap
kelompok memperoleh pengalaman yang berbeda pula.
Sekitar pukul 15.00 WIB angkutan
sudah menjemput kami untuk pulang. Namun, sebelum pulang kami harus mengisi
daftar hadir kembali. Begitulah jadwal keseharian yang kami lakukan selama
lebih kurang tiga bulan.
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Setelah melaksanakan Praktek
Industri (PI) yang dilakukan dalam dua tahap yakni tahap I mulai tanggal 1
April 2009 sampai 16 Mei 2009, dan tahap II dimulai tanggal 22 Juni sampai 31
Juli 2009 dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Kegiatan praktek dapat berjalan
dengan baik jika antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru pembimbing
lapangan, dan siswa dengan pembimbing perusahaan dapat menjalin komunikasi
dengan baik dan lancar;
2.
Siswa dapat mengetahui hal-hal
yang dapat memajukan perusahaan dan hal-hal yang dapat merobohkan suatu
perusahaan; dan
3.
Para siswa dapat memperoleh
pengalaman dan kesempatan untuk dapat belajar secara langsung bagaimana
mengatur management yang baik.
B.
Kritik dan Saran
Adapun kritik dan saran dari
pelaksanaan Praktek Industri (PI) adalah sebagai berikut :
1.
Pihak Sekolah
- Sekolah hendaknya lebih siap dalam melaksanakan Praktek Industri (PI) karena sistemnya masih belum jelas dan terprogram dengan baik, sehingga masih membingungkan para siswa;
- Sekolah hendaknya lebih membekali para siswa dalam bidang praktek pengoperasian alat elektronik (computer, cash register, price labelling, dan lain-lain);
- Sekolah hendaknya lebih memperhatikan siswa, bukan malah karena Praktek Industri (PI) siswa diabaikan;
- Sekolah hendaknya lebih sabar dalam menghadapi suatu masalah; dan
- Guru pembimbing lapangan hendaknya lebih sering datang ketempat praktek untuk memantau para siswa karena ada beberapa siswa yang jarang hadir ditempat praktek;
2.
Pihak Perusahaan AsGross Tarissa
a.
Para pembimbing agar lebih sabar
dalam menghadapi para siswa;
b.
Para pembimbing hendaknya lebih
terbuka dalam menjelaskan tentang sesuatu hal agar siswa dapat lebih paham; dan
c.
Para pembimbing hendaknya lebih
menghargai kami sebagai pelajar bukan sebagai pegawai.
No comments:
Post a Comment